Senin, 20 Juni 2011

Seputar Otomotif

Monggo di simak dan di baca :

JAZZ VS SWIFT VS YARIS
Pengantar
  1. Memilih mobil bagi sebagian besar orang adalah sama dengan memilih pasangan hidup; setiap hari ketemu, setiap hari dipake jalan, harus tau kelebihan beserta kekurangan yang tentunya masih bisa diterima.
  2. Sudah bisa menentukan mobil apa berarti sudah siap dengan budgetnya, apalagi dipermudah dengan kelas yang sama, yang pasti mempermudah pemilihan
  3. Tentukan apakah mobil ini akan dipakai untuk apa? sehari2? weekend? lebih sering sendiri? rame2? sering bawa barang banyak atau tidak? apa yang diutamakan? kenyamanan? tampilan? akomodasi? atau diantaranya?
Dengan penjelasan di atas bisa kita kupas satu persatu kelebihan & kekurangan dari 3 pilihan Swift, Jazz atau Yaris

Honda Jazz:
 
  1. Banyak varian yang bisa disesuaikan dengan budget, i-dsi M/T & A/T yang efisien & ekonomis atau VTEC yang bertenaga namun tetap hemat.
  2. Soal keamanan & piranti keselamatan yang lengkap ada pada VTEC A/T, dengan dual Air Bag, ABS + EBD & BA. AFAIK i-dsi A/T hanya ada ABS + EBD + BA
  3. Soal model sudah teruji dengan menjadi pilihan banyak orang, bagian sebagian orang, mungkin terasa membosankan, tapi benefitnya adalah mudah untuk dijual kembali dan harga bekas cukup tinggi, fenomena ini dimiliki oleh kijang dan Avanza yang resale valuenya masih cukup tinggi.
  4. Soal pemakaian bensin, untuk versi i-dsi CBU memang disarankan pertamax, tapi versi CKD i-dsi/vtec hanya memakai RON 88 (pre tt). Pun demikian, efisiensi ultra tinggi didapat hanya dengan pemakaian pertamax.
  5. Teknologi yang diusung, matik CVT dengan 7 pilihan kecepatan plus shift knob disetir, membuat perjalanan jadi lebih menyenangkan
  6. Kenyamanan, paling rendah diantara ketiganya, Honda membuat jazz agar lebih gesit dan stabil sehingga kaki2 dibuat lebih keras dari para rivalnya. Posisi mengemudi moderate, kurang nyaman buat jalan jauh.
  7. Interior, paling oke dan berkelas dengan dashboar platik yang rapi dan presisi, enak dilihat dan terkesan mewah
  8. Akomodasi, sang juara dengan bagasi paling luas, fungsional dengan fitur Ultra Seat, pelipatan bangku juga mudah, mampu memuat barang banyak dari mulai yang tinggi s/d panjang. tempat duduk penumpang cukup lega walo belum selega Yaris

Suzuki Swift:
  1. Ada beberapa varian, M/T dan A/T serta GT, semua dengan mesin sama plus fitur VVT
  2. Soal keamanan menjadi yang terlengkap, semua varian sudah dilengkapi ABS/EBD/BA dan dual Air Bag
  3. Model luar sangat menawan, ada sentuhan retro dari garis-garisnya, sekilas mirip Mini Cooper. Resale Value belum teruji, dan Suzuki sedang merubah imagenya, dari pembuat mobil murah menjadi pembuat mobil berkelas dan bermutu tinggi, ini yang masih sulit diterima masyarakat.
  4. Semua Swift disarankan memakai pertamax untuk performa optimal, namun gak masalah kalo pake Pre TT, cuma jadi lebih boros dan boyo.
  5. Teknologi mesin sudah terbukti handal namun sekaligus menjadi kelemahan, seri M15A sudah terasa usang karena dipakai dibeberapa mobil seperti Aerio dan Baleno dalam waktu lama, kelebihannya, mudah diservis karena mekanik sudah familiar. Fitur tombol audio disetir menambah gaya dan kemudahan.
  6. Kenyamanan, ada diantara Jazz dan yaris, lembut sekaligus stabil. Posisi mengemudi no 1, paling pas memeluk tubuh.
  7. Interior: Bagus dan minimalis serta fungsional dengan MID ditengah dashboard, sayang dibeberapa mobil penempatan airbag penumpang terlihat garis-garis, terkesan rusak. HU integrasi bagi sebagian orang gak asyik, menyusahkan buat gonta ganti HU.
  8. Bentuk yang kompak menjadi kelemahannya dari sisi akomodasi, bagasi paling kecil dan sempit, ruang kepala tempat duduk belakang rendah, sedikit menyusahkan bagi orang yang tinggi, tempat duduk belakang paling sempit diantara ketiganya

Toyota Yaris:
  1. Varian dari mulai E s/d S Limited, ada M/T dan A/T
  2. Soal keamanan seperti Swift, lengkap dari mulai varian E s/d S Limited
  3. Model menjadi perdebatan, banyak yang bilang aneh, gak sedikit juga yang bilang bagus, soal ini tergantung selera aja. Resale value belum teruji, baru kali ini toyota bingung produknya gak meledak hehe
  4. Seperti Swift minumnya juga pertamax biar kinerja mesin optimal dan efisiensi tercapai
  5. Teknologi VVT-i sudah banyak teruji, sayang fitur start/stop yang memudahkan dan terkesan berkelas hanya ada pada S limited.
  6. Paling nyaman diantara kontestan, namun sekaligus paling limbung pada kecepatan tinggi, ground clearance yang tinggi turut andil dalam gejala limbung tersebut terutama saat bermanuver cepat. Posisi duduk supir sama dengan Jazz.
  7. Interior: Terlihat berkelas, sayangnya hanya terdapat pada S dan S Limited, yang varian E, maaf..plastiknya gak rapi dan terkesan murahan.Penempatan speedometer dengan center facia, bukan selera semua orang.
  8. Akomodasi: Ada diantara Jazz dan Swift, ruang kaki penumpang belakang paling luas terutama di varian S dan S limited.



 Honda City Type Z


























































































Tuh belum ganti header, open air filter dll kira2 bisa tembus lah 140hp+..Kalo masalah kaki2 ane lepas tangan deh he2 oiya kelebihannya city typeZ lainnya di bobotnya yang paling ringan (Berat kosong only 980 kg) dibanding mitsu lancer n ferio (power to weight rationya paling bagus)..So very potential car 200km/h enteng bgt pastinya masalah kestabilan jangan takut cz nih city udah
Depan Independent Mcpherson strut + stabilizer
Belakang Independent Mcpherson strut + stabilizer



Grand Civic Vs Optima Vs Twincam




kita liat speknya:
Optima 1800cc DOHC 16v EFI
Twincam 1600cc DOHC 16v
Grand Civic 1500 (later 1600) cc SOHC 16v

dulu taun 93, gw pernah punya grand civic 92, sementara salah satu om gw punya twincam 91. untuk urusan tenaga twincam menang karena cc lebih besar dan DOHC nya. tapi urusan lari, civic punya putaran mesin yg lebih tinggi sehingga walau kalah di akselerasi, tapi top speed menang (pernah di test: civic gw ampe 180 baru nyerah, sementara twincam di 170an aja udah loyo). Optima gw pernah coba punya temen gw, tenaga jelas lebih besar, tapi sayangnya boros.
dalam hal spare parts, toyota bisa lebih murah, tapi bandingannya gini:
toyota murah tapi tiap 3 bulan harus ganti, honda mahal tapi setaun sekali gantinya, opel (ga jelas)
kalo soal irit civic menang jauh ... (jkt bdg lwt puncak dari full tank cuman ilang 1/4)
twincam bisa ilang 1/2 tangki, sementara Optima ajaibnya juga sama 1/2 tangki (EFI membantu disini)
harga jual kembali dimenangkan toyota... walau civic juga ga terpaut jauh. Optima ironisnya jatuh sangat jauh.

Pilihan dikembalikan pada anda,Terima Kasih :)



Tipe Corolla Twincam Di Indonesia:

SE Limited, mesin 1600 cc, DOHC, karburator, CDI. Tahun produksi 88-91. Untuk keluaran 88/89 ada varian liftback, selain yang model saloon. Model saloon yang 88/89 serta 90/91 ada perbedaan di grill depan dan warna lampu belakang. Interior juga beda, keluaran 90/91 sedikit lebih bagus, tombol power windows udah digagang pintu. Yang 88/89 tombol power windows masih di pintunya. kurang enak mencetnya. Dashboard, semua sama, speedometer sampai 200 km/jam. Aksesoris udah standar sedan menengah, power steering, central lock, power windows dan electric mirror.

GT, mesin 1600 cc, DOHC, EFI, Keluar cuma tahun 91 aja. Edisi terakhir dan terbaik Corolla Twincam. Interior sama dengan SE Limited 90/91, tapi dashboard beda. Instrumen lebih banyak dan speedometer sampai 240 km/jam.
Aksesoris juga lengkap seperti SE Limited ditambah rem belakang udah cakram. Jadi manteb banget, selain GT, hanya altis type Corolla yang rem belakangnya cakram.

Lalu ada Corolla SE, mesin 1300 cc, SOHC (jadi bukan twincam), karburator dan masih pakai platina. Mesinnya sama dengan Toyota Starlet. Sering disebut "Twincam banci", karena mesin non twincam tapi bodi sama persis dengan twincam saloon. Aksesoris pas-pasan, tanpa powersteering, tanpa central lock, tanpa power window dan tanpa electric mirror. Power steering, central lock dan power window bisa dipasang belakangan, tapi kaca spionnya ga bisa dirubah. Jadi kalo didalam mobil, cara yang paling gampang bedain antara Corolla SE dan SE Limited, ya ke pengatur spion itu, kalau bentuknya kayak Soluna Taksi, nah itu berarti Corolla SE 1.3. Dashboard juga ada beda2 dikit, yang paling jelas speedometer cuma sampai 180 km/jam.

Apabila anda ingin mengetahui berita otomotif lainnya,silahkan berkunjung kembali hehehe... 
Terima Kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar